Panglong Kayu???

Author write this post based on experience.

Aktivitas jual beli makanan, jasa, bahan tekstil sampai bahan bangunan lazim dijual di pasaran saat ini. Namun taukah anda usaha yang bernama panglong? Lebih tepatnya panglong kayu, sebuah usaha dimana penjual dari usaha tersebut menjual bahan bangunan jenis kayu, bukan kayu bakar namun kayu untuk membangun property atau furniture. Bisnis panglong bisa disebut stabil keadaannya dipasaran namun tidak stabil di bagian microeconomic atau perusahaan karena bisnis ini bukan hanya butuh unang untuk membukanya butuh mental dan hubungan kerja yang luas, bukan hanya hubungan antara distributor dan pembeli, namun juga polisi hutan dan preman, preman menjadi bagian yang harus “make a deal with them” karena dalam kenyataanya jenis orang seperti ini kerap mengganggu bisnis, maka dari itu kita harus menjadikannya partner, partner disini bisa dengan menjadikanya teman, bukan berarti kita diperbudak namun untuk memproteksi diri kita bisa dengan bertingkah santai, baik dan membukakan peluang usaha baginya.

FullSizeRender
image by AMUHASRI on PANGLONG JATI WANGI, LAMPUNG

Dalam berbisnis kayu ada dua tipe pejual, yang pertama adalah retailer atau mereka yang menjual kayunya langsung untuk pelanggan perorangan guna bahan bangunan atau furniture disini mereka bisa mendapatkan kayu dengan adanya proses membeli kepada pedagang kayu yang lebih atas yaitu mereka yang menjual kayu mulai dari membuat perizinan penebangan kayu dihutan dengan surat resmi dari pihak dinas kehutanan atau seseorang yang menanam jenis pohon tertentu yang sesuai kebutuhan, setelah itu mereka melakukan proses penggesekan dengan mengangkut kayu tadi ke pabris untuk dibentuk sesuai permintaan, bentuk akyu yang semula bundar memanjang menjadi bentuk kayu yang bervariasi, dari jenis kayu balok, papan , reng, dan macam macam lainya.

Diluar masalah itu, yang harus di perhatikan dalam bisnis ini adalah system keluar masuknya kayu, walaupun kayu segar sehabis pemotongan dari pabrik memiliki harga dan kualitas yang cenderung lebih baik, jangan pernah lupakan kayu lama yang sebelumnya kita sudah beli dari distributor. Karena kayu yang terlalu lama disimpan dengan keadaan gudang yang lembab akan mengalami penurunan kualitas sehingga nantinya hanya akan dijual dengan harga murah dan mengurangi keuntungan bahkan membuat kerugian. Masalah pembukuan juga menjadi masalah yang harus diperhitungkan disini, terkadang pengusaha panglong lengah dengan keuangannya yang membuat banyak usaha panglong tidak bisa melunasi hutang distributornya dan menjual kayunya dengan harga yang tidak mengasilkan keuntungan selain itu penggunaan uang usaha untuk urusan pribadinya. Maka dari itu dibutuhkan pembukuan yang jelas untuk jenis usaha ini.

 

Semakin berkembangnya zaman, dimana semakin banyak jenis barang untuk memenuhi kebutuhan furniture dan juga bahan baku membangun properti seperti baja ringan atau plastic dan kayu olahan untuk furniture, menjadi ancaman bagi pengusaha fornitur dalam menggapai pasaran semulanya. Namun pengusaha panglong tidak perlu sepenuhnya takut karena penggunaan kayu sebagai bahan baku property dan furniture memliki kelebihan tersendiri selain membuat suasana etnik dan juga kesan yang berbeda juga membuat tampilan lebih eksklusif disbanding penggunaan bahan pengganti saat ini. Kebutuhan kayu jenis tertentu seperti kayu jadi atau kayu merbo masih menjadi stabil, hal tersebut karena kecintaan dan kualitas kayu yang tidak lagi perlu ditanya walau harus mengorek budget yang lebih tinggi dibanding jenis kayu lain atau bahan pengganti lain.

 

Maka dari itu, perbaikan system menejemen manjadi sangat penting untuk menjalankan dan pempertahankan usahanya di pasaran saat ini guna pemenuhan konsumen seuai dengan zaman yang sedang hype.

 

featured image courtesy of Viridian Reclaimed Wood

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s