Ngapain Ngurusin UKM dan UMKM?

Sebelumnya pasti kita udah sering denger UKM sama UMKM, tapi sebenernya udah pada tau belum apa itu UKM dan UMKM? Kalo belum disini mau dijelasin nih.

Jadi gini sebenernya secara general UKM dan UMKM itu sama yang membedakan itu ada di jumlah nominal asset yang mereka punya selain tanah dan juga perbedaan omsetnya.

 

  • Usaha Macro : usaha milik perorangan dan atau badan usaha perorangan dengan kriteria asset 50 juta dan omset maksimal 300 juta rupiah.

 

  • Usaha kecil : memiliki persamaan yang sama namun usaha kecil memiliki kriteria jumlah asset sebesar 50 juta- 500 juta rupiah, dengan kriteria omset 300 juta rupiah hingga 2,5 milyar rupiah.

 

ibu ibu ukm
sourceimages: https://eljohnnews.com/wp-content/uploads/2017/05/sektor-umkm-740×480.jpg
  • Usaha menengah : perusahaan yang berdiri sendiri, milik perorangan atau usaha perorangan namun bukan bentuk perusahaan “anak perusahaan” atau perusahaan cabang. Dengan kriteria asset  500 juta rupiah – 10 miliar rupiah lalu dengan jumlah omset lebih dari 2,5 milyar sampai 50 miliar rupiah.

 

Setelah kita tau apa itu UKM dan UMKM, maka selanjutnya kita bahas peranan UKM dan UMKM sebagai tiang perekonomian di Indonesia.

Jadi semasa krisis moneter pada tahun 1998 banyak sekali perusahaan kuat atau perusahaan yang Berjaya ahirnya runtuh atau hancur, namun banyak usaha menengah (UKM) tetap bertahan di masa yang bergejolak itu. UKM menjadi tulang punggung perekonomian di Indonesia karena pergerakan UKM yang lebih dinamis.

UKM memberikan lapangan pekerjaan yang banyak, menurut data BPS tahun 2014 UMKM menyumbang lapangan pekerjaan sekitar 96,66 % terhadap pertumbuhan PDB yaitu sebesar 60,34 %

Namun dengan baiknya citra UMKM di Indonesia, UMKM saat ini mengalami beberapa kendala untuk menghadapi MEA atau Masyarakat Ekonomi Asean. Hal tersebut dikarenakan ketidak tahuanya mereka mengenai apa itu MEA sendiri, lemahnya masalah branding, minimnya insfrastruktur, sumber daya manusia, pembiayaan lembaha keuangan dan perbankan dalam mendukung kegiatan UMKM di Indonesia bisa terus berkembang dari pendaan untuk berjalanya UMKM dan juga Permodalan. Maka dari itu, pembekalan ilmu pada SDM pengembang UMKM sangat penting jika dilihat dari kontribusinya di Indonesia.

Pembekalan tersebut bisa dengan adanya pembekalan melalui bazar dan juga seminar pembekalan mengenai kelemahan yang UMKM saat ini hadapi sehingga kedepanya UMKM ini bisa menjadi penopang ekonomi yang terus berkembangtidak hanya di dalam negri tapi juga menuju kancah internasional.

 

Source : Apa Itu UKM & UMKM? Bagaimana Perkembanganya di Indonesia , http://goukm.id/apa-itu-ukm-umkm-startup/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s